Kamis, 02 Juni 2011

Bom Taliban Tewaskan 2 Jenderal Afghan & Lukai Parah Mayjen NATO


SEORANG pejuang Taliban meledakkan dirinya di kompleks kantor Gubernur Takhar, Afghanistan, kemarin. Padahal, lokasi itu dijaga ketat karena para pemimpin aparat keamanan Afghanistan dan militer internasional sedang mengadakan pertemuan.

Menurut juru bicara kantor gubernur, Faiz Mohammad Tawhedi, pelaku mengenakan seragam polisi lengkap dengan rompi bom. Akibatnya tujuh orang tewas, termasuk dua komandan senior kepolisian Afghanistan, Jenderal Daud Daud dan Jenderal Shah Jahan Noori. Kedua jenderal itu tewas bersama dengan dua tentara Jerman dan dua polisi Afghanistan.

Lebih lanjut, Jenderal Markus Kneip dari angkatan bersenjata Jerman, yang merupakan komandan pasukan koalisi di Afghanistan utara, mengalami luka-luka. Nasib serupa dialami Gubernur Abdul Jabar Taqwa. "Yang kami tahu orang itu menyerang dengan memakai seragam polisi," ujar Tawhedi. "Bagaimana dia bisa memasuki ruang rapat dan mengapa dia tidak digeledah sebelum masuk kompleks, kami tidak tahu."

Daud adalah mantan Deputi Menteri Dalam Negeri urusan antinarkotika dan mantan pengawal pemimpin kharismatik Tajik, Ahmad Shah Massoud.

Jenderal Daud diangkat menjadi kepala polisi di zona utara yang membawahkan 9 provinsi dan bermarkas sejak tahun lalu. Adapun Jenderal Noori adalah seorang pemimpin polisi di Provinsi Takhar.

Menteri Pertahanan Jerman Thomas de Maiziere langsung mengonfirmasi terlukanya Kneip, di Berlin. "Jenderal Markus Kneip termasuk yang menjadi korban terluka di utara Afghanistan," kata De Maiziere. "Sayangnya, dua serdadu kami juga turut tewas dalam ledakan itu."

Kanselir Jerman Angela Merkel mengutuk serangan tersebut. "Saya terkejut dan sedih mengetahui adanya tentara Jerman yang tewas dan luka," seru Merkel.

Awal tahun ini, Kneip baru ditunjuk menjadi komandan regional utara Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). Regional utara meliputi 9 provinsi di perbatasan Afghanistan dengan Pakistan, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan.

Dia juga adalah komandan nasional senior yang membawahkan 4.900 serdadu Jerman yang dikerahkan di utara Afghanistan.

Dalam perkembangan lain, Taliban mengklaim bertanggung jawab atas pengeboman itu. "Ini adalah bagian dari usaha Taliban menggoyang pemerintah agar menghentikan operasi militer di utara," kata juru bicara Taliban Zabiullah Mujahid. (Yan/AP/BBC/I-5)

sumber: http://www.mediaindonesia.com/read/2011/05/30/229892/75/19/Bom-Taliban-Tewaskan-Dua-Jenderal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar