Senin, 16 Mei 2011

tips tentang trading Index / Forex

Sebelumnya, saya ingin bilang, mohon jangan ada yang tersinggung dengan post yang saya buat ini. Jika memang anda suka, dan tertarik untuk berkomentar, silahkan saja. Jika anda tidak suka dan hanya ingin memaki, silahkan cari post lain. Saya disini hanya ingin berbagi sedikit saja dan bukan ingin berlagak sok pintar karena kita semua sebagai manusia tiap hari merupakan suatu pelajaran baru.

Pertama2, saya ingin mengatakan bahwa pandangan masyarakat di negeri kita tentang investasi di forex, index, options atau bahkan saham itu masih sangatlah buruk. Ini semua disebabkan oleh minimnya training dan edukasi dalam bidang2 diatas tersebut. Saya sendiri sudah berkecimpung di dalam dunia index dan forex sejak tahun 2005. Namun, untuk saya pribadi, saya menyukai index lebih dibandingkan dengan forex. Banyak pengalaman pahit yang pernah saya alami sejak saya mengenal dunia ini, namun bisa saya pastikan sekarang bahwa dunia ini merupakan dunia investasi yang sangat tanpa batas jika agan2 semua tahu caranya bermain.

Saya pribadi bukanlah seorang trainer. Saya adalah seorang trader, jadi saya lebih mengerti perasaan agan2 semua. Menurut saya, semua/kebanyakan dari trainer2 yang pernah ada mengadakan seminar atau pelatihan atau sejenisnya hanyalah orang2 yang penuh dengan teori. Mereka sudah kaya dapat uang hanya dengan mengadakan seminar bla bla bla. Tapi, apakah mereka bisa benar2 trading dengan spektakuler jika dihadapkan dengan kenyataan? Saya hanya pernah menghadiri seminar sekali dan saya benar2 kecewa dengan materi2 yang disuguhkan karena menurut saya, itu semua dapat kita pelajari dengan sendiri. Yang kita perlukan dari trading di dunia ini adalah KEBERANIAN.

Memang sangat tidak mungkin bagi kita, para pemain kecil untuk mengalahkan pasar. Maka saya juga selalu bilang kepada rekan2 saya dan juga customer2 saya bahwa janganlah pernah untuk melawan market. Ikutilah selalu arus market. Saya akan berusaha semaksimal mungkin untuk membeberkan semua trik2 yang saya ketahui dan saya akan menjawab pertanyaan2 dari agan2 semua jika memang ada yang mau bertanya. Saya hanya akan membahas masalah index karena ini yang lebih saya tekuni dibanding forex.


1. Rules dalam bertrading index

Selalu trade dengan rules. Jika anda tidak dapat mematuhi rules yang anda buat sendiri, janganlah pernah sentuh index lagi.

A. Jangan pernah trade memakai emosi
B. Jangan pernah menyesal dengan setiap posisi yang anda ambil
C. Jangan maruk
D. Jangan pernah main locking
E. Jangan takut untuk cut loss
F. Selalu set target profit
G. Minimalisasikan jumlah trading per hari


Saya akan coba menjabarkan lebih jelas mengenai masing2 rules...

A. Jangan pernah trade memakai emosi 

Trading adalah sesuatu hal yang benar2 menguras energi pikiran dan emosi kita. Jika kita sudah salah ambil posisi, jangan pernah terbawa emosi dan berpikir kita harus mengembalikan equity kita ke posisi semula. Anggap saja hari itu kita sudah mengalami loss, dan hari esok baru mulai lagi.

B. Jangan pernah menyesal dengan posisi yang kita ambil

Index bergerak sangatlah cepat dan seperti saya bilang sebelumnya, kita harus membuat keputusan secara cepat juga. Tergantung dengan koneksi internet anda, maka anda dapat mendapatkan harga2 yang anda inginkan setiap kali. Jika memang keadaan harus cut loss, silahkan cut loss dan jangan pernah menyesal setelahnya. Ini dapat memicu emosi anda dan silahkan kembali ke rules A.

C. Jangan maruk

Rule ini sebenernya yang menurut saya paling penting. Sifat terburuk manusia adalah MARUK dan KETIDAK PUASAN. Tidak ada satupun manusia yang pernah puas dengan apa yang mereka dapatkan.

- Jika anda melakukan buy dan sudah lock in profit tapi market masih terus naik, cobalah anda berpikir "Yah, setidaknya saya hari ini sudah dapat profit" dan janganlah berpikir "Duuhh!!! Harusnya kan kalo saya tahan beberapa detik lagi saya akan dapat lebih banyak". Inilah kesalahan fatal dari kebanyakan trader, karena dengan mereka berpikir point #2, mereka akan menyesal dan penyesalan akan memicu emosi mereka untuk mengambil posisi lagi dan akhirnya terjerumus ke lubang.

D. Jangan pernah main locking

Locking ini kalo menurut saya pribadi adalah jebakan yang disediakan oleh para pialang/broker. Coba bayangkan, dengan locking, anda harus liquid 2 posisi dan para pialang akan mendapatkan 2x komisi. Dengan adanya posisi locking, mental kita juga pasti akan lebih terbeban jauh lebih berat daripada kita tidak punya posisi.

E. Jangan takut untuk cut loss

Cara ini yang selalu saya tekankan untuk para teman2 saya yang saya bantu. Janganlah pernah takut untuk cut loss. Cobalah berpikir seperti contoh dibawah...

- Jika anda pasang buy dan market go against, anda pasti akan berusaha tahan karena sayang equity akan habis. Tapi, jika anda cut loss di posisi tertentu, dan market ternyata turun lebih dalam, bukankah anda akan merasa lega? Tapi jika ternyata setelah anda cut loss dan market naik keatas, anda pasti akan berpikir "SAYANG SEKALIII AKU CUT LOSS #*$&*@(#&", tapi ingat selalu rule B. Anggap saja hari itu anda mengalami loss dan jangan terbawa emosi jika anda tidak siap untuk mengambil posisi lagi di hari itu.

F. Selalu set target profit

Jika anda pakai online trading, silahkan saja anda memakai fasilitas TP yang disediakan disana. Tapi jika anda tidak ingin menggunakan fasilitas tersebut, pastikan anda selalu memantau market dan liquid jika sudah profit. Untuk saya pribadi, saya tidak pernah menargetkan banyak2. 10-20 point per hari untuk saya sudah cukup. Lebih baik 10-20 point per hari secara konsisten dibandingkan dapat 100 points sehari tapi besoknya loss juga 100 points. Inilah kunci dari semua itu. Tidak maruk dan target kecil yang sangat2lah mudah untuk didapatkan.

G. Minimalisasikan jumlah trading per hari

Dengan meminimalisasikan jumlah trading, maka kesempatan anda untuk dapat loss juga semakin kecil. Percayalah dengan ini, karena ini memang keadaan yang terjadi. Anda dapat profit sekali, dua kali sebesar 200-50rb setiap hari sudah cukup dibandingkan anda dapat loss sekali tapi besar. Jika agan2 semua perhatikan, pasti sudah tahu, para broker mendapatkan keuntungan dari selisih bid/ask, dari komisi dan juga dari dana yang kita loss jika memang itu terjadi.

Pasti agan2 semua bertanya2, apakah rules2 diatas itu benar2 bermanfaat dan dapat diterapkan dengan mudah?? Jawabannya: TIDAK!

Diperlukan waktu yang sangat banyak dan juga kedisiplinan yang sangat tinggi untuk mencapai itu semua dan itu tidaklah mudah. Kita semua hanyalah manusia dan kita semua pasti saja suatu saat lupa akan aturan2 yang telah kita set sendiri. Tapi, berdasarkan pengalaman saya pribadi, aturan2 yang diatas itu semua dapat kita terapkan dan juga dapat memberikan hasil yang cukup lumayan, setidaknya untuk kita bertahan hidup. Mohon diingat, trading index ini hanyalah tambahan saja dan tidak saya anjurkan untuk dijadikan profesi utama. Memang ada orang yang bilang:
- "kenapa tidak trading index/forex dijadikan profesi utama?"
Jawabannya cukup mudah: Apakah anda yakin 100% bahwa anda tidak akan pernah kalah sekalipun juga? Kalo memang sudah yakin, silahkan saja profesi ini dijadikan sebagai profesi utama dan itulah impian dari setiap orang di muka bumi ini

Saya akan coba jabarkan dibawah ini hitungan pribadi saya tentang trading index ini.

- Index yang paling sering saya gunakan: Kospi
- Kenapa Kospi? Resiko tidak sebesar Hangseng dan profit masih diatas Nikkei
- Hitungan profit harian saya:
- Target pips: 20 points
- Gross Profit: 20 x 35000 = 700000
- Komisi Broker: 2 pts = 70000
- Nett profit harian = 630,000
- Nett profit mingguan = 630,000 x 5 = 3,150,000
- Nett profit bulanan = 3,150,000 x 4 = 12,600,000
Target pips yang saya ilustrasikan disini merupakan target pips maksimum dari saya per hari untuk trading tanpa resiko. Jika anda ingin trading dengan resiko yang cukup besar, bahkan sangat besar, itu bisa saja dan profit yang anda dapatkan bisa berlipat2 dari apa yang saya ilustrasikan diatas
- Kelihatannya indah bukan hitungan diatas?? memang demikianlah indahnya jika lancar semua tiap hari.

- Jangan lupa hitungan loss harian saya:
- Target loss: 100 points / 10% dari equity
- Gross loss: 100 x 35000 = 3500000
- Komisi broker: 2 pts = 70000
- Nett loss harian = 3570000
- Nett loss mingguan = 3570000 x 5 = 17,850,000
- Nett loss bulanan = 17,850,000 x 4 = 71,400,000
Apakah sebanding menurut agan2 semua?? Nett profit bulanan yang didapat hanya 1/5 dari loss yang dapat kita tanggung selama sebulan. Disini saya jabarkan semua biar agan2 semua bisa lihat betapa gilanya index itu. Tapi di sisi lain, jika kita main dengan sangat hati2, alangkah indahnya dunia ini bukan? Saya mengilustrasikan loss ini sebagai maksimum batas toleransi saya.Saya lebih suka jika menggunakan target loss sebesar 10% dari equity. 

- Pergerakan Kospi sangat besar dan untuk mendapatkan 20 points, hanya dibutuhkan waktu kurang dari 15 menit biasanya.

- Terkadang market Kospi libur, maka saya akan trading Nikkei dengan target profit dan loss sama seperti diatas, namun value per point nikkei adalah 30000.

Demikianlah sedikit ulasan bagaimana menaklukan pasar index. Tentunya apa yang saya sampaikan disini hanyalah sedikit teori saja. Pada saat real life trading, yang diperlukan adalahKEBERANIAN.

Jangan lupa juga faktor2 dari teknikal dan juga fundamental. Saya setiap pagi menulis ulasan fundamental di thread saya satu lagi dan juga bisa ditemukan di sub forum ini. Tapi, kebanyakan jika anda hanya mengejar 10-20 points saja per hari, faktor2 tersebut hampir tidak berguna.

1 komentar: